header1c.jpgheader1wb.jpgheader2c.jpgheader2wb.jpgheader3c.jpgheader3wb.jpgheader4c.jpgheader4wb.jpg

3.       Membibis pakan pelet 

Membibis pelet adalah kegiatan membasahi/melumasi pelet apung dengan air atau cairan khusus agar pelet menjadi lunak/empuk dan mengembang. Tujuan kegiatan ini (membibis) adalah agar pelet yang dikonsumsi oleh ikan lele lebih mudah dicerna karena empuk dan tidak mengembang didalam perut, jika pelet disajikan kering dikuatirkan akan dapat menyebabkan kematian pada ikan lele dengan didahului penyakit perut kembung (pelet mengembang didalam perut ikan lele) jika pemberian pakan kering melebihi dosis. Namun kalau dosisnya tepat maka pemberian pakan pelet kering tidak menjadi persoalan.

Maka membibis pelet apung menjadi tidak wajib atau keharusan didalam pemberian/penyajiannya, meskipun tidak menjadi keharusan membibis pelet akan membawa dampak lebih baik dari pada tidak dibibis sama sekali, karena selain tujuan diatas yang sudah dijelaskan membibis pelet juga memiliki manfaat lain diantaranya sbb :

 

·         Memberikan tambahan nutrisi

·         Menambahkan vitamin

·         Menambahkan probiotik

·         Melakukan pengobatan atau vaksin

 

Adapun tahapan dalam melakukan membibis pelet apung adalah sbb :

 

  1. Siapkan pelet kering 1Kg dalam satu wadah yang bisa juga untuk menampung air misalnya ember.
  2. Siapkan air sebanyak 1 gelas atau 200cc.
  3. Siapkan bahan : obat/vaksin/probiotik/vitamin/nutrisi sesuai dosis.
  4. Campurkan bahan : obat/vaksin/probiotik/vitamin/nutrisi kedalam air dan tambahkan bahan perekat secukupnya, aduk hingga merata.
  5. Air campuran hasil langkah ke-4 tuangkan dalam ember yang berisi pelet kering sambil diaduk hingga merata.
  6. Angin-anginkan selama 15-30 menit, jika bahan yang dicampurkan adalah probiotik sebaiknya pelet disimpan dalam wadah tertutup dan biarkan beberapa jam untuk proses fermentasi.
  7. Pelet siap diberikan/disajikan sesuai dosis.

 

Setelah teknik pemberian pakan dalam budidaya lele anda kuasai, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan berkaitan dengan pemberian/penyajian pakan terhadap ikan lele, karena jika ini dilanggar maka anda sama saja dengan melakukan blunder. OK.. langsung saja, hal tersebut adalah : 

 

  1. Jangan memberikan pakan secara berlebihan hingga tersisa (tidak dimakan ikan lele), hal ini dapat menimbulkan pencemaran air dan akibatnya lele akan terganggu kesehatannya dan penyakit mudah menyerang.
  2. Jangan mengganggu ikan lele sesaat atau beberapa jam (< 3 jam) setelah makan, hal ini dapat menimbulkan stres, dan pakan bisa dimuntahkan kembali. Gangguan ini misalnya, mengurangi/menambah air dalam bak pemeliharaan, mengobok-obok kolam dan menangkap ikan lele.
  3. Jangan berikan pakan terlalu pagi, hal ini dapat menimbulkan penyakit radang insang.   
  4. Jangan berikan pakan jika mau turun hujan, hal ini juga dapat menimbulkan stres dan penyakit.
  5. Jika diberi pakan tambahan berupa ayam tiren, ikan rucah dan sebagainya hendaknya dilakukan di masa-masa akhir budidaya (usia diatas 75 hari). Pakan tambahan tersebut harus direbus terlebih dahulu agar tidak menimbulkan pencemaran air.

 

Habis.

Joomla templates by a4joomla